Fenomena-Fenomena Alam Paling Menakjubkan di Tahun 2014

Di penghujung tahun 2014 ini, yuk kita simak fenomena-fenomena alam paling menakjubkan yang terjadi sepanjang tahun 2014 ini, dari bulan berwarna merah sampai penampakan pelangi berbentuk lingkaran sempurna.

Berikut Wow Menariknya rangkum fenomena-fenomena alam paling menakjubkan yang muncul di sepanjang tahun 2014 ini.

7. Air Terjun Niagara Membeku

Pada awal tahun 2014 lalu, air terjun Niagara yang sangat terkenal karena keindahannya mendadak membeku. Hal itu dikarenakan suhu udara yang sangat dingin yang terjadi di Amerika. Suhu dingin ini diduga disebabkan karena hawa dingin dari kutub atau Polar Vortex.

6. Gerhana Bulan ‘Blood Moon’

Pertengahan April lalu, masyarakat dunia sempat dihebohkan dengan kemunculan gerhana bulan ‘Blood Moon’. Disebut demikian, gerhana bulan pada saat itu memiliki warna merah darah.

Beberapa masyarakat menganggap fenomena alam itu sebagai pertanda bencana, namun jika dijelaskan secara ilmiah, fenomena Blood Moon bukanlah pertanda bencana melainkan murni dari keindahan alam.

5. Lubang Awan Misterius

Dunia maya sempat dihebohkan setelah foto lubang awan misterius beredar luas di media sosial. Lubang awan itu muncul di atas langit Stockhon, California Utara, pada Mei 2014 lalu.

Beberapa orang berspekulasi bahwa lubang awan itu disebebkan oleh kehidupan di luar bumi atau alien, sementara itu CBS13 mencatat bahwa fenomena semacam itu sering terjadi di beberapa tempat di bumi.

4. Dinding Kabut Raksasa di Danau Michigan

Seorang pria bernama Andrew Ballard dengan ayahnya secara tak sengaja melihat penampakan dinding kabut raksasa ketika sedang memancing di Danau Michigan, pada bulan Mei. Kabut raksasa itu tampak sangat besar seolah menelan danau yang terletak di Amerika Serikat itu.

3. Danau Muncul di Tengah-Tengah Gurun

Sangat aneh jika di suatu tempat gersang dan kering seperti gurun tiba-tiba muncul sebuah danau. Namun, pada awal Agustus kemarin, sebuah danau yang memiliki air berwarna biru secara misterius muncul di tengah-tengah gurun tandus di Tunisia. Diduga, danau tersebut tiba-tiba muncul lantaran ada aktivitas seismik yang menyebabkan tanah naik ke permukaan.

Tentu hal itu membuat heboh warga sekitar gurun. Meski ada larangan untuk berenang di danau tersebut, tapi beberapa warga tetap nekat berenang.

2. Red Sprite

Red Sprite tergolong fenomena alam yang sangat langka dan sulit untuk diprediksi kemunculannya. Namun, biasanya fenomena yang memiliki warna merah berkedip-kedip ini muncul beberapa jam setelah badai.

Pada Oktober lalu, seorang fotografer berhasil mengabadikan fenomena langka ini. Marko Korosec sudah menghabiskan berbulan-bulan memburu Red Sprite. Hasilnya, usaha Marko pun tak sia-sia ketika ia melihat secara langsung fenomena indah itu dan langsung mengabadikannya.

1. Pelangi Berbentuk Lingkaran

Pelangi pada umumnya memang berbentuk setengah lingkaran, namun apa yang terjadi jika ada pelangi berbentuk lingkaran sempurna? Fenomena seperti itu memang benar-benar ada.

Seorang fotografer bernama Colin Leonhardt berhasil mengabadikan fenomena pelangi berbentuk lingkaran saat sedang terbang di atas Pantai Cottesloe, Australia Barat, pada Oktober lalu.

Nah, itulah beberapa fenomena paling menakjubkan yang terjadi di sepanjang tahun 2014 ini. Lalu, apakah fenomena di tahun 2015 nanti bakalan lebih menakjubkan lagi? Kita tunggu saja nanti.

Loading...