10 Hal yang Mungkin Membuat Anda Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Ilusrasi pesawat terbang

Jatuhnya pesawat AirAsia QZ-8501 bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan perjalanan lewat jalur udara. Pengetahun tentang menyelamatkan hidup pun sangat diperlukan untuk mengantisipasi jika seandainya terjadi kecelakaan.

Hidup atau mati memang bukan kita yang menentukan, tapi setidaknya kita berhak melakukan segala upaya penyelamatan agar tetap bertahan hidup jika terjadi kecelakaan.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencoba bertahan hidup jika seandainya terjadi kecelakaan pesawat, seperti yang sudah kami rangkum dari Vamshare.

10. Naik pesawat besar

Semakin besar tubuh pesawat, maka pesawat tersebut akan menyerap lebih banyak energi dari dampak potensial. Hal itu akan memungkinkan penumpang untuk tidak menerima dampak hantaman yang terlalu besar sehingga kemungkinan untuk hidup lebih besar.

9. Orang muda dan kurus memiliki kesempatan hidup yang besar

Menurut statistik yang dikumpulkan oleh FAA, umur, jenis kelamin, dan berat badan merupakan hal utama yang menentukan seberapa cepat seseorang bisa mengevakuasi dirinya saat pesawat jatuh. Semenatara itu, pria yang masih muda memiliki kesempatan hidup yang lebih besar, dan wanita yang memiliki masalah berat badan ditambah dengan usia memiliki kesempatan hidup yang kecil.

Meskipun demikian, ini hanya penilaian saja belum tentu hal ini bisa menyelamatkan seseorang dari kecelakaan pesawat.

8. Pakaian simpel

Menggunakan setelan bisnis, atau sepatu hak tinggi saat naik di dalam pesawat mungkin terlihat modis, tapi sebenarnya hal itu bisa mempersulit orang bersangkutan dalam proses penyelamatan ketika terjadi kecelakaan pesawat.

Jadi, cukup gunakan pakaian biasa-biasa saja namun sopan dan tidak ribet. Jangan sampai pakaian yang dikenakan terlalu ribet dan bisa mempersulit proses penyelamatan diri sendiri.

7. Dengarkan dengan baik pembicaraan tentng keselamatan

Ketika naik pesawat, biasanya salah satu awak pesawat akan menerangkan kepada penumpangnya tentang keselamatan selama penerbangan. Maka jangan anggap remeh arahan tersebut walaupun Anda sudah sering mendengarkannya.

Dengan begitu diharapkan penumpang tahu di mana pintu darurat serta peralatan keselamatan lainnya yang akan membantu untuk bertahan hidup.

6. Duduk di kursi yang tepat

Masih ada sedikit perdebatan tentang tempat yang paling aman untuk duduk di dalam pesawat. Namun, duduk di dekat pintu keluar bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika duduk di barisan ke lima dari pintu keluar, maka tempat duduk yang dipilih terlalu jauh.

5. Segera menggunakan masker oksigen

Ketika masker oksigen sudah keluar, segera gunakan masker tersebut jangan sampai didiamkan terlebih dahulu. Setidaknya Anda memiliki waktu 60 detik sebelum kekurangan oksigen yang dapat mengancam keselamatan Anda.

4. Gunakan sabuk pengaman

Jangan anggap remeh sabuk pengaman. Selama penerbangan guncangan pesawat akibat turbulensi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sabuk pengaman akan menjaga tubuh agar tidak terbanting jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Gunakan posisi brace

Posisi ini perlu dilakukan untuk menghindari cedera yang serius terutama pada bagian kepala. Meskipun belum terbukti, tapi setidaknya posisi ini diasumsikan dapat melindungi lengan, kaki, dan cedera kepala yang serius.

Posisi ini dilakukan dengan membungkukkan punggung hingga kepala mencapai lutut saat dalam duduk di kursi pesawat. Anda juga bisa memodifikasinya dengan menaruh tangan di atas kepala dengan tujuan untuk melindungi dari cedera.

2. Anda memiliki waktu 90 detik

Ketika pesawat jatuh, mungkin Anda hanya memiliki waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri sebelum asap dan reruntuhan pesawat merenggut nyawa Anda. Jangan berpikir untuk menyelamatkan barang-barang Anda, karena hal itu tidak berguna jika Anda meninggal.

1. Aturan Plus 3 dan Minus 8

Sebenarnya ini aturan untuk pilot, tapi penumpang juga harus tahu makna dari aturan ini. Saat yang berbahaya dalam penerbangan yaitu tiga menit setelah lepas landas dan delapan menit sebelum mendarat. Dengan mengetahui makananya, diharapkan penumpang untuk selalu waspada selama waktu ini dan bersiap melakukan hal-hal yang tak terduga jika seandainya terjadi kesalahan.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa seseorang jika seandainya terjadi kecelakaan. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa hidup dan mati itu bukan kita yang menentukan, tapi setidaknya kita berusaha untuk bertahan hidup.

Loading...