Ternyata ‘Kepo’ Bisa Tingkatkan Daya Tangkap Otak

(foto: Shutterstock)

Dalam bahasa gaul kepo diartikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan. Terkadang rasa ingin tahu tersebut dianggap mengganggu orang lain. Padahal menurut sebuah studi, ternyata kepo itu bisa meningkatkan daya tangkap seseorang.

Seperti dikutip ABC Australia oleh Detik, Sabtu (4/10/2014), studi yang diterbitkan dalam journal Neuron ini memberikan bukti ilmiah mengapa orang yang sangat ingin tahu biasanya lebih pintar dan kreatif. Sebab, alasan ingin tahu merangsang neuron otak untuk lebih mudah menyerap banyak hal-hal baru.

“Penelitian kami menyebutkan bahwa ketika seseorang berada dalam kondisi sangat ingin tahu, ada motivasi yang tumbuh secara tak sadar dalam dirinya dan itu sangat membantu proses penangkapan informasi baru.” ujar Profesor Charan Ranganath, peneliti dari University of California, Davis, Amerika Serikat.

Sebanyak 19 mahasiswa berusia 18 hingga 31 tahun menjadi objek penelitian yang dilakukan Profesor Charan. Masing-masing dari mereka diberikan beberapa pertanyaan soal pengetahuan umum. Ketika mereka tidak bisa menjawabnya, mereka diminta untuk menyebutkan angka untuk mengukur skala keingintahuan mereka.

Ketika mereka dibuat penasaran oleh pertanyaan yang diberikan Profesor Chan, mereka diminta untuk melakukan scan MRI. Ternyata, hasil dari scan MRI tersebut menunjukkan bahwa pertanyaan yang membuat mereka penasaran membuat neuron-neuron di otak menjadi lebih lebar.

Profesor John Hodges dari Neurology Research Australia (NEURA) mengatakan bahwa studi ini menjadi bukti ilmiah bahwa rata-rata orang yang ingin tahu mempunyai otak yang lebih encer.

Loading...