Dirantai dan Disiksa Selama 50 Tahun, Gajah Ini Menangis Ketika Dibebaskan

(foto: Press People/Daily Mail)

Seekor gajah di India yang diberi nama Raju sudah menghabiskan waktu 50 tahun dengan rantai yang membelenggu kakinya. Ketika dibebaskan, air mata kebahagian tampak keluar dari mata Raju.

Raju dibebaskan oleh badan amal yang berbasis di London Utara, Wildlife SOS. Ia diselematkan pekan lalu oleh 10 ahli satwa liar bersama dengan 20 petugas departemen kehutanan dan 6 polisi India yang berusaha membebaskan Raju dari penderitaan di wilayah Uttar Pradesh.

Misi penyelamatan itu dilakukan pada malam hari agar Raju terlindungi dari orang sekitar dan terikanya matahari.

Pooja Binepal, juru bicara badan amal Inggris, Wildlife SOS, menggambarkan penyelamatan itu sebagai momen paling emosional bagi timnya. “Raju telah menghabiskan 50 tahun hidupnya dalam keadaan dirantai 24 jam sehari, sebuah tindakan yang sangat kejam,” ujarnya seperti dilansir Daily Mail, Senin (7/7).

(foto: Press People/Daily Mail)

Sebuah momen mengharukan terjadi ketika tim penyelamat melihat air mata menetes dari wajah Raju selama penyelamatan. Menurut mereka Raju tahu bahwa ia sedang dibebaskan.

Selama dalam masa tahanan Raju hanya bisa bertahan hidup dari belas kasihan orang yang melewatinya. Pemiliknya juga tega memasungnya dengan rantai paku yang mampu merobek daging Raju ketika bergerak. Jadi ia tidak bisa berbuat apa-apa selain duduk.

Kini setelah dibebaskan Raju bisa memproleh hidupnya kembali seperti gajah lainnya. Raju juga akan mendapatkan perawatan medis untuk luka-luknya selama ditahan oleh pemiliknya.

Selamat menikmati kebebasan Raju dan terimakasih kepada Wildlife SOS!

Loading...