4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Selama Berpuasa

Ilustrasi ibu menyusui (foto: Getty Images)

Kebanyakan ibu yang lagi menyusui lebih memilih untuk tidak berpuasa karena takut anaknya tidak memiliki asupan ASI yang baik. Meskipun demikian tidak ada salahnya untuk mencoba tetap berpuasa meski sedang menyusui. Ikuti beberapa tips berikut ini agar puasa Anda tetap lancar meski sedang menyusui yang kami kutip dari merdeka.com.

4. Perbanyak minum air putih

Waktu berbuka atau sahur merupakan waktu yang paling tepat untuk meminum air putih sebanyak mungkin untuk mencegah tubuh Anda dari dehidrasi selama seharian penuh berpuasa. Namun jangan pernah meminum kopi atau minuman berkarbonisasi lainnya sebab dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Hindari mengonsumsi makanan pedas

Makanan yang Anda konsumsi ketika berbuka atau saat sahur juga harus Anda perhatikan. Sebaiknya Anda hindari makanan pedas serta produk olahan susu. Sebab zat dalam makanan pedas mampu mempengaruhi kualitas ASI Anda. Sedangkan produk olahan susu akan memicu produksi lendir dan hanya mengentalkan cairan tubuh.

Oleh karena itu sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan ketika sahur atau berbuka agar kualitas ASI Anda tetap terjaga.

2. Perhatikan aktivitas Anda

Aktivitas yang terlalu padat di bulan Ramadhan juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI Anda. Jika Anda stres karena padatnya aktivitas, hal itu bisa mempengaruhi jumlah ASI. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk beristirahat di tengah padatnya aktivitas Anda.

1. Mintalah dukungan dari lingkungan sekitar

Dukungan dari lingkungan sekitar sangat dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Terutama apabila Anda masih belum mengetahui apa yang harus dilakukan oleh ibu menyusui ketika berpuasa agar tetap sehat. Berbagi perasaan dapat meminimalkan stres ibu menyusui sehingga kegiatan menyusui tetap lancar.

Loading...