4 Alasan Puasa Kamu Selalu Batal

Ilustrasi wanita yang disibukan pekerjaan (foto: Mark Aplet/Shutterstock)

Menahan rasa lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari dianggap sulit oleh sebagian orang dengan berbagai alasan, mulai dari aktivitas yang padat, pekerjaan, takut sakit, dan tidak kuat menahan lapar dan haus. Sangat sayang kalau puasa kamu hanya sampai setengah jalan.

Agar puasa kamu selalu tuntas sampai adzan Maghrib, coba kenali beberapa alasan berikut ini kenapa puasa kamu selalu batal.

4. Niat yang kurang

Seberapa kuat niat Anda untuk menjalankan ibadah puasa. Jika niat Anda kuat, bisa dikatakan tidak ada hal yang mampu membatalkan puasa Anda. Namun jika niat Anda kurang, hal kecil seperti melihat gambar makanan lezat saja bisa membuat Anda membatalkan puasa.

Jadi niatlah dengan sungguh-sungguh dalam hati bahwa Anda ingin sekali menjalankan puasa dengan sunguh-sungguh.

3. Aktivitas yang terlalu padat

Aktivitas yang terlalu padat saat sedang berpuasa terkadang bisa membuat puasa Anda jadi batal. Hal itu dikarenakan tubuh Anda terlalu kelelahan sementara Anda tidak bisa minum atau makan sebelum waktu bebruka tiba. Untuk mengatasi hal itu coba istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas Anda. Selain itu konsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran saat makan sahur.

2. Tidak memperhatikan makanan saat sahur

Makanan yang dikonsumsi saat sahur juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebab makan saat sahur sangat penting untuk memberikan asupan energi agar Anda kuat puasa seharian penuh.

Jadi konsumsi makanan yang mengandung nilai gizi yang sangat tinggi saat sahur, seperti sayuran, buah-buahan, susu rendah lemak dan makanan sehat lainnya. Dan hindari makanan seperti mie instan, nasi goreng atau makanan yang berminyak lainnya karena buruk untuk tubuh dan dapat memancing rasa haus yang cepat.

1. Lingkungan yang tidak mendukung

Jika Anda tinggal di tengah lingkungan yang tidak sehat, hal itu dapat membuat tubuh Anda mudah lelah dan pada akhirnya Anda tidak kuat berpuasa. Selain itu jika Anda bergaul dengan lingkungan yang dipenuhi orang yang tidak berpuasa juga dapat menggoda Anda agar tidak berpuasa juga. Sebaiknya Anda kuatkan lagi niat dan iman Anda untuk mengatasi masalah seperti itu saat berpuasa.

Loading...