Inilah 10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia

Pesawat tempur merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap angkatan udara. Setiap negara memiliki pesawat tempur dengan kemampuan dan karakterisitik yang berbeda-beda. Bahkan di beberapa negara maju sedang mengembangkan pesawat tempur super canggih.

Dilansir airforce-technology.com, berikut 10 pesawat tempur terbaik di dunia berdasarkan spesifikasi pesawat, teknologi, kinerja pesawat, dan senjata yang digunakan.

10. Lockheed Martin F-35 Lightning II

(via airfore-technology.com)

F-35 Lightning II merupakan satu-satunya pesawat tempur multirole generasi kelima internasional di dunia. Pesawat tempur jenis ini dilengkapi fitur siluman bersama dengan sensor terintegrasi dan persenjataan yang super modern. Selain itu pesawat ini memiliki kecepatan yang ekstrim.

Pesawat tempur F-35 menyelesaikan penerbangan perdananya pada bulan Desember 2006 lalu. Tiga varian F-35, termasuk CTOL, STOVL, dan CV, akan menggantikan A-10 dan F-16 dari Angkatan Udara Amerika Serikat.

9. Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor

(via airforce-technology.com)

F-22 Raptor dikembangkan oleh Lockheed Martin dan Boeing. Pesawat tempur ini bermesin ganda generasi kelima yang sangat canggih. Dan dilantik oleh US Air Force (USAF) sebagai pesawat tempur superioritas udara.

F-22 memiliki rudal darat dan udara yang sangat canggih. Selain itu, F-22 bisa melakukan beragam misi, termasuk pengawasan, pengintaian, dan penyerangan.

8. Eurofighter Typhoon

(via airforce-technology.com)

Eurofighter Typhoon merupakan generasi pesawat tempur multirole terbaru yang saat ini merupakan yang terbaik di dunia. Pesawat ini mengintegrasikan avionik modern dan sensor, Defensive Aids Sub System (DASS), dan senjata yang berbeda, seperti meriam Mauser BK-27 27mm, anti rudal, serta rudal berbahaya lainnya.

Upaya pengembangan pesawat tempur ini merupakan kolaborasi militer Eropa yang dikelola oleh NATO Eurofighter dengan Tornado Management Agency.

7. Sukhoi Su-35

(via airforce-technology.com)

Sukhoi Su-35 adalah versi berat yang dimodifikasi dari pesawat tempur Su-27. Su-35 juga merupakan pesawat generasi ke 4 yang menggunakan teknologi generasi kelima. Teknologi terbaru itu membuat pesawat tempur ini lebih unggul dibandingkan dengan generasi ke 4 lainnya. Sekarang, pesawat model ini sedang dikembangkan di seluruh dunia.

Su-35 sanggup menyebarkan rudal udara ke udara dari jarak pendek sampai jarak jauh. Dan mampu membawa amunisi termasuk rudal, bom dan roket.

6. Boeing F/A-18E/F Super Hornet

(via airforce-technology.com)

F/A-18E/F Super Hornet adalah pesawat tempur penyerang yang menawarkan kemampuan tempur multirole penyerangan. Pesawat ini didesain ulang dan hasilnya lebih baik dari F/A-18C/D Hornet.

Pesawat ini memiliki senjata pintar termasuk bom yang dipandu oleh laser. Selain itu, pesawat ini memiliki sistem yang terintegrasi dan menyediakan jaringan interoperabilitas yang ditingkatkan.

5. Dassault Rafale

(via airforce-technology.com)

Digambarkan sebagai pesawat tempur omnirole oleh produsen Dassault Aviation, Rafale merupakan pesawat tempur bermesin ganda yang mampu menguasai udara, penyerang yang handal, pengintaian dan penangkal nuklir udara.

Pesawat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut Perancis. Dan juga pesawat ini dilengkapi dengan avionik terbaru serta sistem sensor yang pintar.

Rafale mampu membawa meriam 30mm, rudal nuklir, dan anti rudal, serta bom yang dipandu oleh laser. Pesawat ini tersedia dalam tiga varian, yaitu RAFALE C dengan satu kursi, RAFALE M berbasis kuris tunggal dan RAFALE B dengan kursi ganda.

4. Boeing F-15E Strike Eagle

(via airforce-technology.com)

Pesawat tempur berbasis serangan multirole selanjutnya yaitu F-15E Strike Eagle. Jenis pesawat ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, F-15A/D, dan juga dianggap sebagai tulang punggung Angkatan Udara Amerika Serikat.

F-15E Strike Eagle dilengkapi dengan persenjataan seperti JDAM, AGM-130, AIM-120 pengembangan dari AMRAAM, AIM 9X Sidewinder dan senjata lainnya. Selain itu pesawat ini mampu melaju dua kali kecepatan suara.

3. Su-30MKI (Flanker-H)

(via airforce-technology.com)

Su-30MKI merupakan pesawat tempur jarak jauh dengan kursi ganda yang melayani Angkatan Udara India. Pesawat model ini dirancang oleh Sukhoi Rusia, Su-30MKI dirakit di bawah lisensi India Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Su-30MKI memiliki avionik multinasional dan sub sistem, sebagai komponen yang dipasok oleh 14 produsen dari enam negara. Selain itu, pesawat ini membawa rudal Brahmos, yang merupakan rudal jelajah supersonik. Dan juga membawa senjata 30mm GSH-30-1 dan berbagai jenis bom lainnya.

2. Saab JAS 39 Gripen

(via airforce-technology.com)

Saab JAS 39 Gripen adalah pesawat tempur multirole generasi baru yang ringan dan mampu melakukan berbagai misi termasuk pengintaian. Saab JAS 29 Gripen sangat gesit untuk pertempuran jarak dekat.

Pesawat ini beroperasi untuk Angkatan Udara Swedia pada tahun 1997. Selain Swedia, beberapa negara lainnya seperti Republik Ceko, Hongaria, Afrika Selatan, dan Thailand juga mengoperasikan pesawat tempur jenis ini.

Gripen dipersenjatai dengan rudal METEOR, AMRAAM, IRIS-T dan AIM-9. Selain itu, pesawat ini juga menggabungkan data link multifrekuensi, sistem misi avionik yang terintegrasi, dan radar PS05 jarak jauh, serta dilengkapi dengan sensor fusi.

1. Lookheed Martin F-16 Fighting Falcon

(via airforce-technology.com)

F-16 Fighting Falcon merupakan pesawat tempur multirole, yang dilengkapi dengan mesin tunggal. Pertama dirancang oleh General Dynamics untuk mengerjakan misi superioritas udara dari Angkatan Udara AS. Seiring berjalannya waktu, F-16 berovolusi menjadi pesawat tempur multirole dengan memasukan teknologi terbaru dan canggih.

Sekitar 26 negara memiliki pesawat model F-16 Fighting Falcon. Dan versi terbaru dai F-16, Block 50/52 dan Block 60 menggabungkan teknologi ter-upgrade dan paling modern. Dilengkapi dengan berbagai jenis paket senjata, avionik canggih, serta sensor diskrit.

Loading...