5 Sinetron Indonesia yang Diduga Menjiplak Drama Luar Negeri

Mungkin Anda akan menganggap beberapa sinetron yang ada di negeri ini benar-benar asli ciptaan Indonesia. Tapi, kenyataannya ada beberapa sinetron Indonesia yang diduga menjiplak drama dari luar negeri.

Memang popularitas drama yang berasal dari luar negeri banyak digemari masyarakat Indonesia. Mungkin alasan itulah yang membuat pihak produksi sinetron di Indonesia terinspirasi untuk membuat drama yang serupa.

Pada akhirnya sinetron tersebut kelihatan terlalu mirip dengan drama-drama dari luar negeri, dan dianggap telah menjiplak drama tersebut. Seperti dilansir Vemale.com, berikut ini merupakan beberapa judul sinetron Indonesia yang dianggap menjiplak drama luar negeri.

5. Cinderella Boy

(credit: vemale.com)

Sinetron ini dianggap menjiplak drama Jepang yang berjudul Hana Kimi. Sinetron remaja ini dianggap mirip penokohan serta ceritanya. Hanya ada sedikit perubahan dan perombakan, namun secara garis besar ceritanya sama.

Dalam Hana Kimi, seorang gadis menyamar agar bisa tinggal di dalam asrama putra. Dalam sinetron Cinderella Boy juga sama. Karena ingin mencari tahu tentang sosok cowok impiannya akhirnya tokoh utama dalam sinetron ini rela menyamar dan masuk ke dalam sekolah khusus pria.

4. Demi Cinta

(credit: vemale.com)

Sinetron yang dibintangi oleh Leony ini dianggap telah menjiplak drama Korea yang benar-benar terkenal yaitu Endless Love. Dari penokohan serta alur cerita, sinetron ini sangat mirip.

Dalam Endless Love, ceritanya merupakan bayi yang ditukar sewaktu masih berada di rumah sakit. Kisah ini diketahui saat Eun Seo kecelakaan. Terjadi pula cinta segitga yang rumit dalam drama tersebut. Alur dalam sinetron ini sangat mirip dengan Endless Love.

3. Benci Bilang Cinta

(credit: vemale.com)

Sinetron yang satu ini merupakan sinetron yang dibintangi oleh Marshanda dan juga Baim Wong. Sinetron ini dianggap menjiplak drama Korea yang berjudul Princess Hours.

Princess Hours berkisah tentang putra mahkota kerajaan Korea yang harus menikah dengan gadis biasa karena perjanjian yang dilakukan oleh nenek moyangnya. Sinetron ini pun sangat mirip alur ceritanya dengan drama Korea ini. Diceritakan Baim Wong adalah seorang pewaris dari perusahaan besar yang memiliki kekuasaan. Ia harus menikahi gadis miskin karena perjanjian yang telah dilakukan oleh kakeknya dulu. Adegan serta penokohan sinetron ini pun sangat mirip dengan Princess Hours.

2. Siapa Takut Jatuh Cinta

(credit: vemale.com)

Sinetron ini tayang di tahun 2000-an. Sinetron yang dibintangi oleh Indra Bruggman, Roger Danuarta, Jonathan Frizzy, Steve Immanuel dan juga Leony. Sinetron ini dibilang menjiplak drama asal Taiwan yakni Meteor Garden.

Dari segi penokohan saja sudah mirip, F4 adalah sekelompok pemuda anak orang kaya yang bertemu dengan Shancai, gadis miskin yang mendapatkan beasiswa di sekolah elite. Cerita dari sinetron ini pun hampir sama. Pihak rumah produksi menyatakan bahwa story line yang mereka buat memang hasil karya mereka. Karena banyak mengalami tudingan “penjiplak” dari penonton serial MG maka rumah produksi menyatakan mengadakan revisi ulang seri tersebut pada episode 3 dan 4.

1. Kau Yang Berasal Dari Bintang

(credit: vemale.com)

Sinetron ini tayang perdana di RCTI pada hari Senin, 28 April 2014. Sebelum tayang, sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy dan juga Morgan Oey ini rupanya sudah mendapat protes dari beberapa fans drama Korea karena diduga menjiplak drama Korea Man From The Stars.

Drama ini memiliki rating yang sangat tinggi dan telah terkenal bukan hanya di Korea, namun juga hampir d seluruh Asia. Berita penjiplakan ini bahkan sampai ke telinga SBS dan kabarnya mereka melakukan gugatan terhadap pihak rumah produksi tersebut sampai mereka menghentikan penayangannya.

Loading...