Megalodon, Hiu Terbesar Yang Hidup Pada Zaman Prasejarah

Megalodon atau dikenal dengan sebutan ‘Gigi Besar’ adalah hiu prasejarah yang hidup beberapa juta tahun yang lalu dan dikenal sebagai hiu terganas dan terbesar. Meskipun hiu ini belum pernah dilihat secara langsung, namun para ahli yakin bahwa Megalodon benar-benar ada karena bukti fosil-fosil hiu purbakala ini yang ditemukan di berbagai belahan dunia.

Berdasarkan penemuan fosil-fosil, Megalodon memiliki gigi sepanjang 6,5 inci (17 cm) yang ujung giginya sangatlah tajam. Dan Megalodon memiliki rahang yang mampu membuka hingga 1,8 m dan lebar 2,1 m. Denga mulut yang bisa membuka selebar itu, Megalodon dapat memakan makanan dengan ukuran yang besar.

Gigi dan rahang Megalodon (images: Therichest)

Panjang tubuh Megalodon mencapai 40-60 meter dan berat kurang lebih 100 ton. Namun ini semua masih belum bisa dibuktikan karena tidak ada bukti yang cukup kuat.

Tidak ada yang tahu bagaimana Megalodon bisa punah, namun para ahli memperkirakan bahwa hiu raksasa ini punah karena pendinginan global atau pada zaman es sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.

[sumber: About.com]

Loading...