Dengan Tiga Cangkir Kopi Sehari Bisa Kurangi Risiko Kanker Hati

Beberapa orang mengatakan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun sekarang, pecinta kopi bisa sedikit tersenyum dengan kabar baik ini.

Kopi (images: ways2gohealthy)

Sebuah studi baru menunjukan, minum tiga cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker hati sebesar 50 persen, salah satu jenis kanker yaitu karsinoma hepatoseluler (HCC).

“Penelitian kami menegaskan klaim pada masa lalu bahwa kopi baik untuk kesehatan, terutama hati” kata penulis studi, Dr Carlo La Vecchia seperti yang dikutip dari laman DailyMail.

Para peneliti dari The Mario Institute of Pharmacological Research, di Milan melakukan meta analisis dari artikel yang dipublikasikan antara tahun 1996 dan September 2012, yang melibatkan 16 studi berkualitas tinggi dengan 3.153 kasus yang melihat hubungan mengkonsumsi kopi dengan HCC.

Dr Vecchia juga menambahkan, “Efek menguntungkan kopi terhadap kanker hati mungkin dimediasi oleh terbuktinya kopi bisa mencegah diabetes, efek menguntungkan tersebut juga ada pada sirosis dan enzim hati”.

Para penelitit juga tidak yakin, apakah hubungan antara minum kopi memiliki peran untuk mencegah kanker hati. Namun, dalam hal apapun, peran tersebut akan terbatas dibandingkan dengan apa yang dicapai melalui langkah-langkah saat ini.

Kanker hati primer sebagian besar dapat dihindari dengan cara mendapatkan vaksinasi untuk dua infeksi hepatitis B dan hepatitis C. Selain itu kurangi konsumsi alkohol.

Kanker hati merupakan penyebab paling umum ketiga kematian di dunia ini. HCC adalah salah satu jenis kanker hati yang paling mematikan di dunia.

Loading...