Beberapa Makanan Ini Bisa Membantu Anda Tidur Nyenyak

Masalah sulit tidur sering dialami oleh banyak orang. Setiap makanan yang masuk juga mempengaruhi tidur nyenyak atau tidak. Oleh karena itu, jika mau tidur nyenyak Anda harus memperhatikan makanan yang Anda makan.

(images: USNews)

Tidak semua makanan bisa membuat tidur Anda jadi nyenyak, ada beberapa makanan yang membuat tidur Anda jadi nyenyak, dan berikut makanan-makanan yang bisa membuat tidur malam Anda sangat nyenyak tanpa menggunakan bantuan obat tidur.

8. Pisang

Pisang mengadung kalium dan magnesium, juga mengadung asam amino triptofan yang akhirnya asam ini berubah menjadi serotonin dan melatonin di otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang mempromosikan relaksasi, sedangkan melatonin adalah hormon yang mempromosikan kantuk. Dibutuhkan waktu satu jam untuk triptofan sampai di otak, jadi makanlah pisang satu jam sebelum Anda mau tidur.

7. Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan yang mengadung banyak protein bisa membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena protein melawan asam refluks. Ini sangat penting, karena mulas sering terjadi di malam hari dan membuat tidur Anda jadi sulit. Untuk menghindari hal tersebut coba makan dua potong daging, atau keju dan bisa juga telur rebus.

6. Kacang Almond

Almond juga mengandung banyak protein, dan juga mengandung magnesium yang mempromosikan tidur nyenyak dan relaksasi otot. Anda bisa menambahkan mentega almond ke dalam roti Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak sepanjang malam.

5. Susu

Meminum segelas susu hangat memungkinkan untuk mendapatkan mimpi manis dalam tidur nyenyak Anda, kata Donald Hensrud, seorang spesialis kedokteran pencegahan di Mayo Clinic di Rochester, Minn. Susu penuh dengan tritofan sehingga memiliki efek yang efektif. Ditambah susu kaya akan kalsium yang baik untuk mengatur produksi melatonin. Jika Anda susah tidur atau bangun tengah malam, hal yang harus Anda lakukan adalah pergi ke dapur dan minum segelas susu hangat, kata Donald. Anda bisa menambahkan susu dengan sesendok madu manis.

4. Ceri

Buah ini merupakan satu-satunya sumber melatonin alami, menurut sebuah penilitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Botany. Anda bisa membuat jus ceri di rumah, dan meminumnya beberapa jam sebelum tidur.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung theanine, sebuah asam amino yang membantu Anda untuk tidur nyenyak. Teh hijau benar-benar sangat membantu Anda dalam hal tidur jika tidak mengandung kafein. “Teh membantu Anda rileks,” kata Hensrud. Cobalah satu cangkir teh sebelum Anda tidur.

2. Oatmeal

Hanya dalam satu mangkuk saja, oatmeal mampu menyediakan banyak kalsium, magnesium, fosfor, silikon dan potasium, semua nutrisi ini bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak pada malam hari. Meskipun agak terlalu banyak gula, namun bisa membuat mata Anda tertutup.

1. Beras Jasmine / Beras Melati

Memiliki semangkuk nasi empat jam sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih cepat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti berteori bahwa makanan yang tinggi glisemik seperti beras jasmine atau beras melati dapat meningkatkan trytophan dan serotonin, sehingga mendorong tidur lebih cepat. Dalam studi AJCN, pria tertidur rata-rata setelah sembilan menti.

Loading...