Beberapa Hal Yang Akan Anda Sesali Ketika Ajal Tiba

Kematian pasti akan dialami setiap makhluk hidup. Itu merupakan takdir kita semua, tidak ada yang bisa menghindari kematian siapapun dia.

Apakah Anda tahu menurut Al-Quran, ketika orang yang sedang menghadapi sakaratul maut pedihnya itu sangat luar biasa yang mungkin tidak akan pernah Anda bayangkan. Namun jika orang yang beriman masa-masa sakartul maut tidak akan terasa sakit.

Ketika ajal tiba pada sesorang, semua pintu amal dan pintu tobat ditutup. Tidak ada yang berdaya yang bisa melawan ajal. Semua hal yang biasa Anda lakukan di dunia tidak akan bisa diulang lagi, dan disaat itu juga kamu akan merasa menyesal dan memohon agar nyawa Anda tidak diambil dulu.

Tahukah kamu beberapa hal yang akan disesali ketika ajal sudah tiba pada seorang manusia berikut beberapa hal yang akan disesali orang tersebut ketika ajal tiba.

Kata Maaf Yang Tidak Sempat Diucapkan

Sebagai seorang manusia biasa, semasa hidup di dunia banyak hal yang kita lakukan yang membuat hati orang lain terluka, berbohong sama orang tua atau teman. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk minta maaf pada orang yang pernah kita sakiti. Namun jika Anda tidak sempat mengatakan kata Maaf karena ajal sudah tiba, hal tersebut yang akan Anda sesali.

Supaya tidak ada penyesalan kelak nanti, gunakanlah masa hidup kita untuk minta maaf pada orang-orang yang kita sayangi. Baik Anda benar atau salah selalu ucapkan kata “maaf” pada orang-orang yang menyayangi Anda.

Cinta Yang Tidak Sempat Disampaikan

Sebagian orang memiliki alasan sendiri kenapa tidak pernah menyampaikan rasa cinta terhadap seseorang baik itu karena malu atau takut dia tidak mencintainya. Hal tersebut menyebabkan Anda tidak berani mengungkapkan perasaan Anda yang sebenarnya. Ketika ajal tiba, cinta yang selama ini Anda pendam akan muncul, dan Anda merasa ingin menyatakan cinta itu, namun semua itu sudah terlambat.

Oleh karena itu sampaikan perasaan Anda kepada seseorang yang Anda cintai selagi masih hidup. Jangan sampai perasaan takut membuat Anda bisu untuk menyampaikan cinta.

Kurangnya Waktu Berkumpul Bersama Keluarga

Entah itu karena pekerjaan Anda atau hal-hal lain yang membuat Anda jauh dari keluarga dan kurang menyempatkan waktu bersama keluarga merupakan hal yang tidak pantas Anda lakukan. Saat ajal tiba, Anda akan merasa sedih dan ingin sekali memeluk dan berkumpul bersama keluarga, dan mengatakan satu hal pada mereka yaitu “Aku sayang kalian”.

Sesibuk apapun Anda di dunia pasti ada waktu luang yang harus Anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, makan malam bersama, bercanda, dan hal-hal lain yang masih bisa dilakukan bersama keluarga.

Dosa Yang Pernah Dilakukan

Berapa banyak dosa yang pernah Anda lakukan dalam sehari, apakah Anda pernah meminta ampunan pada Tuhan atas dosa-dosa yang pernah Anda perbuat? Anda tidak akan pernah hafal berapa banyak dosa yang pernah Anda perbuat hanya dalam satu hari saja, saat ajal seseorang tiba rasa khawatir dan rasa takut akan menyelimuti orang tersebut. Lalu apa yang membuat orang tersebut merasa takut dan khawatir yang maha dahsyat? Yaitu akan dosa dan amal baik yang pernah dia lakukan. Dia takut jika dosanya lebih banyak dari pada amal baiknya. Dia memohon ampunan namun sayang pintu ampunan sudah tertutup.

Gunakan masa hidup kita untuk meningkatkan iman kepada Allah SWT dan senantiasa meminta ampunan setiap habis solat atau setiap detik.

Loading...