Ayam Silkie, Ayam Yang Memiliki Daging Berwarna Hitam

Apakah Anda pernah mendengar tentang ayam berdaging hitam? Mungkin kedengarannya sangat aneh dan belum pernah Anda temui sebelumnya. Di Cina ada sebuah ayam yang disebut Silkie yang memiliki kulit, tulang dan bahkan organ internal berwarna hitam.

Daging hitam ayam Silkie (images: Odditycentral)

Ada beberapa keturunan ayam hitam yang ada di seluruh dunia, khususnya Asia, nampaknya yang paling populer dari semua jenis ayam hitam yaitu Silkie. Silkie merupakan unggas yang indah, memiliki bulu halus, yang kelembutannya mirip seperti sutra. Kulit unggas ini memiliki warna gelap kebiruan, daging berwarna gelap dan juga tulang dan organ internal yang memiliki warna gelap.

Di dunia Barat ayam Silkie dijual untuk ayam hiasan, namun di Cina ayam ini dianggap sebagai makanan super karena memiliki rasa gammy. Ayam ini disebut juga “wu gu ji” atau ayam bertulang hitam.

Ayam Silkie (images: Odditycentral)

Beberapa perempuan di Cina mengkonsumsi ayam ini setelah melahirkan, dengan alasan untuk mendapatkan dorongan energi. Selain itu, ayam ini sangat bermanfaat untuk kesehatan darah, perut dan paru-paru. Agar mendapatkan manfaat penuh ayam Silkie, ayam ini jarang dipanggang, masyarakat di Cina menggunakan ayam ini sebagai bahan dasar kaldu yang dicampur dengan ginseng, wolfberries kering dan jujubes.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011, sifat unik ayam Silkie atau dikenal sebagai fibromelanosis, disebabkan oleh mutasi genetik, yang ditandai sebagai penataan ulang kompleks yang menyebabkan peningkatan ekspresi Endothelin 3, sebuah gen yang dikenal untuk mempromosikan pertumbuhan sel-sel pigmen.

Ekspansi besar-besaran sel pigmen tidak hanya membuat kulit dan tulang berwarna gelap, tapi menyebabkan juga bagian organ dalam berwarna gelap.

Peneltian menunjukan bahwa ayam Silkie kaya akan carnosine, sebuah peptida alami yang biasanya dijual sebagai suplemen makanan. Orang-orang banyak memanfaatkan ayam silkie untuk meningkatkan massa otot, mengurangi efek penuaan, dan mengurangi penyakit seperti diabetes dan autisme.

Loading...
Loading...