10 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Mentimun sering dianggap sebagai makanan sehat karena rendah kalori dan lemak. Mentimun juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang bisa membuat tubuh tetap bugar.

Mentimun

Karena mentimun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, banyak orang yang memilih mentimun sebagai makanan yang sehat untuk ditambahkan ke dalam masakan atau dijadikan sebuah jus sayur yang sehat. Dan berikut sepuluh manfaat mentimun untuk kesehatan.

10. Menjaga Tubuh Tidak Terhidrasi

Mentimun memiliki kandungan air 96% yang lebih bergizi dari pada air biasa, yang bisa menjaga tubuh agar tidak terhidrasi dan mengatur suhu tubuh. Selain itu mentimun juga bisa menghilangkan racun dalam tubuh.

9. Perawatan Kulit

Kandungan air yang tinggi, mengandung Vitamin A,B & C dan mineral seperti magnesium, kalium dan silika membuat mentimun bisa menjaga kulit tetap sehat. Masker wajah yang terbuat dari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam akorbat dan asam caffeic yang terkandung dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air yang bisa mengurangi bengkak di bawah mata. Kulit mentimun juga bisa membuat kulit menjadi halus.

8. Melawan Kanker

Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol-three lignans yang bisa menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium.

7. Mengatur Tekanan Darah

Menitum bisa dijadikan jus, jus tersebut mengandung magnesium dan serat yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi atau rendah sangat dianjurkan untuk meminum jus mentimun setiap harinya.

6. Bagus Untuk Kesehatan Gigi Dan Gusi

Mentimun juga sangat bermanfaat untuk orang yang menderita masalah pada gigi dan gusi. Mentimun kaya akan serat yang membuat gigi dan gusi jadi lebih sehat.

5. Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti maag dan keasaman dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun segar setiap harinya. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif untuk menghancurkan racun dari sistem pencernaan.

4. Memperkuat Sendi

Mentimun merupakan sumber yang sangat baik dari silika, yang dikenal utnuk membantu mempromosikan kesehatan pada bagian sendi dengan memperkuat jaringan ikat.

3. Membunuh Cacing Pita

Biji mentimun digunakan sebagai obat alami untuk membunuh cacing pita. Biji mentimun dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan pada selaput lendir hidung dan tenggorokan.

2. Meredakan Asam Urat

Mentimun kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium dan Kalium yang bisa dicampur dengan jus wortel akan sangat efektif untuk meredakan asam urat dengan menurunkan kadar asam urat.

1. Mengurangi Kolesterol

Penelitian menunjukan bahwa ada senyawa dalam mentimun yang disebut sterol yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Loading...