10 Bangunan Dengan Bentuk Terunik di Dunia

Arsitektur modern banyak membawa perubahan dalam hal desain dan gaya suatu bangunan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, berbagai bentuk bangunan bisa diciptkan dengan imajinasi yang dimiliki oleh manusia.

Beberapa bangunan yang ada di dunia memiliki bentuk dan desain yang sangat unik bahkan tidak terlihat seperti sebuah bangunan melainkan sebuah hasil karya yang luar biasa dengan model yang baru. Berikut 10 bangunan dengan bentuk terunik di dunia.

10. National Center for the Performing Arts, Cina

NCPA (images: sun-surfer)

National Center for the Performing Arts atau dikenal dengan sebutan NCPA, digambarkan sebagai telur raksasa, karena bentuk bangunan ini mirip dengan telur. NCPA merupakan sebuah gedung opera yang terletak di Beijing, RRC. Bangunan ini dikelilingi oleh danau buatan yang indah, dan kubah yang terbuat dari titanium. Terdapat  5.452 kursi di tiga aula dengan luas hampir 12.000 meter persegi. Bangunan unik ini dirancang oleh arsitek asal Prancis, Paul Andreu. Butuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan bangunan ini. Konstruksi dimulai pada bulan Desember 2001 dan selesai pada bulan Desember 2007.

9. Rumah Kubik (Cubic Houses), Belanda

Rumah Kubik / Cubic Houses (images: panoramio)

Rumah inovatif ini dibangun di Rotterdam dan Helmond, Belanda. Dirancang oleh seorang arsitek bernama Piet Blom. Rumah unik menyerupai sebuah pohon, di mana ada tembok sebagai batang dan rumah yang berbentuk kubus layaknya bagian daun-daunan yang terdapat di pepohonan.

8. Biosphere Environmental Museum, Kanada

Biosphere Environmental Museum (images: smitblog)

Biosphere merupakan sebuah museum yang terletak di Montreal didedikasikan untuk lingkungan. Kota ini berada di Parc Jean-Drapeau, di Île Sainte-Hélène di bekas paviliun Amerika Serikat untuk tahun 1967 World Fair Expo 67. Struktur bangunan ini ditutup oleh sel baja dan akrilik yang memiliki tinggi 76 meter dengan diameter 62 meter. Arsitek kubah geodisik ini adalah Richard Buckminster Fuller.

7. Forest Spiral, Jerman

Forest Spiral (images: inspirationgreen)

Bangunan ini atau dikenal dengan sebutan Waldspirale merupakan sebuah kompleks perumahan di Darmstadt, Jerman. Dibangun pada tahun 1990-an yang dirancang oleh seniman berkebangsaan Austria, Friedensreich Hundertwasser, dan dilaksanakan oleh arsitek Heinz M. Springmann serta perusahaan Darmstadt Bauverein. Bangunan ini selesai pada tahun 2000. Yang paling menakjubkan dari bangunan ini adalah atap hijaunya yang menyerupai sebuah hutan spiral.

6. Habitat 67, Kanada

Habitat 67 (images: archidialog)

Habitat 67 merupakan sebuah tempat komunitas model dan kompleks perumahan di Montreal, Kanada. Bangunan ini didesain oleh desainer asal Israel dan arsitek asal Kanada, Moshe Safdie. Yang paling menarik dari bangunan ini terlihat seperti tumpukan kardus yang saling bertumpukan satu sama lain.

5. La Pedrera, Spanyol

La Pedrera (images: ihes)

Juga dikenal dengan sebutan Casa Mila, bangunan ini dirancang oleh arsitek bernama Antoni Gaudi dan dibangun dari tahun 1906-1912. Terletak di Barcelona, Spanyol, bangunan ini memiliki cerita yang cukup menarik. Bangunan ini dibangun untuk pasangan yang sudah menikah, namun gaya bangunan ini dianggap tidak konvensional, karena tidak memiliki garis lurus pada bagian bangunan ini. UNESCO juga mengakui bangunan ini sebagai situs warisan dunia.

4. Niteroi Contemporary Art Museum, Brasil

Niteroi Contemporary (images: wondermondo)

Bangunan ini terletak di Rio de Janeiro, Brasil dan merupakan hal yang paling menonjol di kota ini. Dibangun pada tahun 1996, dirancang oleh Oscar Niemey dengan bantuan Bruno Contarini. Memiliki tinggi 15 meter dan pada bagian kubah memiliki diameter 50 meter.

3. Dancing House, Republik Ceko 

Dancing House (images: continentaltravel)

Dancing House atau “Fred and Ginger” adalah julukan yang diberikan pada bangunan yang terletak di Praha, Republik Ceko. Bangunan ini merupakan karya yang menakjubkan, dimana bangunan ini terlihat seperti seseorang yang sedang menari dengan pasangannya. Dirancang oleh Vlado Milunic bekerja sama dengan Frank Gehry. Dancing House memiliki pesona romantis tersendiri.

2. Stone House, Portugal

Stone house (images: ozartsetc)

Dikabarkan rumah batu atau dalam bahasa Inggris Stone House ini terinspirasi oleh kartun American Flintstones. Dibangun antara dua batu raksasa dan terkait dengan campuran beton, menjadikan rumah ini memiliki suasana pada zaman prasejarah. Bangunan unik ini seperti rumah biasanya memiliki pintu depan, jendela dan atap. Karena keunikan bangunan ini bisa menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

1. Crooked House, Polandia

Crooked House (images: bestourism)

Crooked House merupakan pusat perbelanjaan di pusat kota Sopot, Provinsi Pomerania, di Polandia. Nama lain bangunan ini adalah Krzywy Domek yang merupakan bangunan dengan bentuk yang tidak teratur. Bangunan ini didirikan pada tahun 2004 dengan luas 4.000 meter persegi yang dirancang oleh Szotyńscy & Zaleski yang terinspirasi oleh ilustrasi sebuah dongeng. Dan orang yang menggambar bangunan ini adalah Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Bangunan ini terlihat seperti benda yang meleleh dan merupakan tempat wisata yang populer dengan beberapa restoran, bar dan toko-toko.

Loading...
Loading...